Minggu, 27 Desember 2020

Aksi nyata Visi Guru Penggerak dengan Pembelajaran yang menyenangkan Puzzle Maker,Teka teki silang ( TTS ) Berbasis Inkuiri Apresiatif dengan Metode BAGJA dalam materi Fluida statis dan dinamis mata pelajaran Fisika di SMA NEGERI 1 BIAK

  Aksi nyata Visi Guru Penggerak dengan Pembelajaran yang menyenangkan Puzzle Maker,Teka teki silang ( TTS ) Berbasis Inkuiri Apresiatif dengan Metode BAGJA dalam materi Fluida statis dan dinamis mata pelajaran Fisika di SMA NEGERI 1 BIAK

PGP- 1- KOTA BIAK -Hj. Arlies Subiastuti-1.3- Aksi Nyata

A. Latar belakang       💖

Latar Belakang: metode pembelajaran pokok bahasan Fluida statis dan dinamis dengan menggunakan media teka-teki dapatdigunakan guru mata pelajaran fisika sebagai alternatifmetode pembelajaran yang menyenangkan, karenaterbukti mampu menghasilkan motivasi dan pemahamankonsep siswa menjadi lebih baik. Kedua, karena dalampembelajaran menggunakan media teka-teki,membutuhkan sedikit lebih banyak waktu daripadapembelajaran dengan metode konvensional, teka-teki pada awalnya digunakan pada tahun 1700-ana saat orang Eropa membuat peta denganmenempelkan peta pada kayu dan memotongnyamenjadi keping-keping yang kecil. Teka-teki tersebutmulai digunakan sebagai alat pembelajaran geografi.Kemudian teka-teki yang digunakan oleh anak-anak jugamenjadi alat hiburan, dengan menampilkan subjekseperti binatang, cerita kepahlawanan sampai denganpermainan yang dibuat oleh Disney. Teka-teki makindisenangi oleh anak-anak, juga oleh orang dewasaselama beberapa abad .desain game edukasi yangefektif harus mencapai keseimbangan antaraunsur kesenangan di dalam permainan dannilai pendidikan (Prasetia H. Deny dkk, 2017)Jenis permainan yang bisa dimanfaatkanantara lain permainan parallel puzzle yangdapat dikembangkan sebagai mediapembelajaran IPA-Fisika yang menyenangkan.Agar tidak mengganggu aktifitas pembelajaranformal di kelas, permainan ini juga bisadiberikan di luar jam kelas pentingnya aktivitas yang baik di setiappembelajaran ini agar siswa belajar dengan baik,aktif dan kreatif sehingga hasilbelajarnya lebih baik. Salah satu pembenahan dalam proses belajar mengajar fisika dapat dilakukan denganpenerapan model pembelajaran yang kreatif,aplikatif dan menyenangkan, sehingga siswamudah memahami dan menguasai konsep serta menerapkan ke kehidupan sehari –hari.Strategi yang tepat dalam mengajarkan fisika akan membantu siswa lebih memahami dan menikmati pelajaran ini. Mengingat bahwa proses pembelajaran fisika merupakan proses pembelajaran untuk membuktikan sesuatu yang masih teori,perlu diterapakan model pembelajaran dari faktamenuju teori.Salah satu model dari fakta menuju teori ialah Model Inkuiri Terbimbing,merupakan dasar pemecahan masalah, kemampuan untuk belajar dalam situasi prosesberpikir.Indrawati dalam Trianto (2009 :165 ) menyatakan bahwa suatu pelajaran padaumumnya akan lebih aktif bila di selenggarakan melalui model – model pembelajaran yang bisa jadi Discovery Inquiry dengan strategi Inkuiri Terbimbing.

Untuk menyiasati kejenuhan dalm pembelajaran daring pada beberapa murid dalam pembelajaran non tatap muka  semester ganjil ini,  perlu dibangun komitmen bersama untuk menyepakati tugas alternatif pengganti tugas-tugas yang tertinggal. Tugas alternatif ini diharapkan dapat sedikit menutupi tugas-tugas yang tertinggal selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan yang terpenting adalah tanggung jawab dan kesadaran siswa dapat terbangun. Siswa dapat bebas memilih tugas alternatif yang mampu mereka kerjakan seperti mengerjakan tugas puzzle maker ( TTS ), bisa juga berupa pemaparan pengalaman mereka selama PJJ, membuat puzzle maker ( TTS )  selama PJJ. Pembelajaran yang variatif dan menyenangkaan dengan puzzle maker ( TTS ) dimana tersalurkan kemampuan dan minat mereka sehingga siswa merasa tidak terbebani dan dapat mencapai visi murid merdeka. Selain itu, pemberian tugas alternatif ini juga diharapkan mampu membangun kembali motivasi murid,  memberikan pengalaman pembelajaran bermakna bagi mereka, serta melatih murid menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab dan konsisten..

B. DESKRIPSI KEGIATAN AKSI NYATA       👷

Tujuan Umum :

Menentukkan hasil belajar siswa yang diajar degan model pembelajaran konvensional pada materi fluida statis .Menentukkan hasil belajar siswa yang diajar denagan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi fluida statis.Menentukkan pengaruh penggunaaan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis.Menentukkan presentasi peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi fluida statis.

Tujuan Khusus :

Mewujudkan Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh yang kreatif, Inovatif, dan menyenangkan dengan Puzzle Maker ( TTS ) dengan paradigma Inkuiri Apresiatif dan metode BAGJA

Tolok Ukur: 

metode pembelajaran pokok bahasan fluida statis dengan menggunakan media teka-teki dapat digunakan guru mata pelajaran fisika sebagai alternatif metode pembelajaran yang menyenangkan, karena terbukti mampu menghasilkan motivasi dan pemahaman konsep siswa menjadi lebih baik. Kedua, karena dalam pembelajaran menggunakan media teka-teki,membutuhkan sedikit lebih banyak waktu dari pada pembelajaran dengan metode konvensional.

Daya dukung :

Dukungan yang dibutuhkan :Dinas Pendidikan dan Instansi yang terkait, Kepala Sekolah, guru, TU dan Komite sekolah,peserta didik,orang tua serta tokoh masyarakat, Bahan pendukung,LKS , Modul ,buku Jaringan Internet yang kuat bekerja sama dengan TELKOM.

Pada aksi nyata pembelajaran jarak jauh kali ini, diterapkan pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA) dengan tahapan BAGJA untuk dapat mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh murid sehingga mereka yang kurang atau tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran daring sampai kepada tindakan yang akan dilakukan untuk dapat kembali memotivasi murid agar kembali bersemangat dan dapat mengumpulkan tugas PJJ dengan alternatif pembelajaran yang bervariasi di semester ganjil ini. 

1. B-uat Pertanyaan

Mengidentifikasi kesulitan murid selama Pembelajaran Jarak jauh (PJJ) dengan puzzle maker ( TTS ) dan hal apa saja yang menjadi potensi atau kekuatan mereka termasuk minat dan hal yang mereka senangi yang dapat dikaitkan dengan pembelajaran yang kreatif ,inovatif dan menyenangkan.

2. A-mbil Pelajaran

Merumukan hasil wawancara siswa tentang kendala atau kesulitan yang mereka hadapi selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan aspek-aspek yang akan dipertimbangkan dalam merumuskan tugas alternatif bagi mereka.

3. G-ali mimpi

Menjabarkan harapan siswa terkait pembelajaran daring yang mereka inginkan serta tugas alternatif yang dapat mereka kerjakan untuk memenuhi tugas pada  semester ini.

4. J-abarkan Rencana

Membuat komitmen bersama dengan  siswa tentang tugas PJJ yang mereka sepakati serta jangka waktu pengerjaan dan pengumpulan serta teknik pengumpulan tugas PJJ dengan ( TTS ) tersebut.

5. A-tur Eksekusi

Menyampaikan hasil diskusi dan kesepakatan bersama kepada seluruh siswa dan juga orangtua siswa.



C.HASIL AKSI NYATA       👫

Di mualai dari delapan  kelas yang diampu, siswa menyelesaikan tugas alternatif berupa mengisi kotak kotak kosong pada TTS dan menyusun serta merangkai jawaban itu dan  nantinya akan difoto dan dikirimkan melalui akun pribadi whatsapp serta kirim ke TEAMS dan juga kirim ke telegram guru yang bersangkutan. Ada pula siswa yang memilih untuk mengantarkannya langsung ke sekolah akibat kendala fasilitas. Mengenai batas waktu pengumpulan tugas, siswa bersepakat untuk mengerjakan dan mengumpulkannya paling lambat satu pekan sejak komitmen bersama itu disepakati. Selain itu, guru juga masih memberikan kebebasan dan pilihan-pilihan lain kepada siswa untuk memenuhi tugas alternatif yang sesuai dengan bakat dan minat mereka.

SOAL TTS FISIKA


HASIL KARYA SISWA











D. PEMBELAJARAN YANG DIDAPATKAN    🙋

1. Keberhasilan

Dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkreasi dan berinovatif untuk menjawab  dan mengisi kotak-kotak  yang ada pada TTS yang disepakati untuk memenuhi tugas-tugas mereka yang tertinggal dapat membangun tanggung jawab dan juga partisipasi aktif mereka. Selain itu, hal ini juga sekaligus dapat mengidentifikasi kendala yang dirasakan oleh murid dan orangtua selama Pembelajaran Jarak Jauh.Dengan memberikan metode pembelajaran yang variatif dan kreatif dan inovatif sertaa menyenangkan akan memberikan wawasan dan potensi anak menjadi tumbuh berkembang dan membimbingnya dikala ada kesulitan.

2. Kegagalan

Dari hasil aksi nyata yang dilakukan, terdapat beberapa kegagalan yang muncul. Yang pertama adalah siswa belum sepenuhnya terlibat aktif dalam memberikan tugasnya, selain itu siswa hanya cenderung memilih tugas yang monoton . Yang kedua, tidak semua siswa mengumpulkan tugas pembelajaran puzze ( TTS ) yang telah disepakati.

E. RENCANA PERBAIKAN    💟

Pada pelaksanaan selanjutnya, guru akan memberikan wawasan awal terlebih dahulu kepada siswa tentang tugas pembelajaran yang variatif yang dapat mereka kerjakan seperti menulis,meringkas, bercerita berupa video ataupun bentuk lain  yang dapat menambah pengalaman belajar bermakna mereka sehingga dapat memperkaya dan menambah wawasan murid.

F. DOKUMENTASI   💝













ALHAMDULILLAH  TERIMA KASIH
(KASUMASA)





1 komentar:

  1. Merkur 15c Safety Razor - Barber Pole - Deccasino
    Merkur 15C Safety Razor - Merkur - 15C for Barber https://deccasino.com/review/merit-casino/ Pole www.jtmhub.com is the perfect wooricasinos.info introduction to the Merkur 토토 사이트 도메인 Safety Razor.

    BalasHapus